Kunjungan FKPA Pusat ke Flores

Setelah FKPA PUSAT menerima tugas yang dipercayakan Tuhan lewat saudara/i sebagai pelayan dalam Forum Komunikasi Panti Asuhan (FKPA), maka tugas pertama yang kami jalankan mengunjungi Panti-panti di daerah Flores sekitarnya (Labuan Bajo, Ruteng, Bajawa dan Ende). Perjalanan kami sangat menarik dan menyenangkan, bertemu dengan saudara/I khususnya anak-anak yang sangat membutuhkan perhatian dan sapaan.

 Adapun Panti – Panti yang kami kunjungi di Flores antara lain :

  1. Panti Rehabilitasi St. Damian Cancar yang ditangani suster-suster SSpS
  2. Panti Asuhan Sesamamu di Waepeca, Ruteng yang ditangani
  3. Panti Asuhan Kasih (Yayasan Hanura), Ruteng
  4. Panti Renceng Mose yang ditangani Bruder Karitas (FC)
  5. Panti Asuhan Bakti Luhur Bajawa
  6. Panti Asuhan Bakti Luhur Ende yang dikelola Bruder Alma
  7. Panti Asuhan Naungan Kasih St. Elisabeth Ende, yang ditangani Suster-suster CIY

Kami sangat senang dapat mengunjungi saudara/i dan anak-anak di daerah dan melihat situasi dan kondisi mereka secara langsung. Semoga di hari-hari yang akan datang masih ada kesempatan yang baik untuk bertemu lagi dengan mereka.

1. Panti Rehabilitasi St. Damian Cancar yang ditangani suster-suster SSps

Didirikan oleh Sr. Virgula pada tahun 1965 karena melihat kebutuhan masyarakat sekitar yang banyak menderita penyakit malaria, cacing dan TBC, juga menyaksikan masyarakat sendiri sama sekali belum sadar akan kesehatan yang baik dalam keluarga. Pusat Rehabilitasi ini menolong orang-orang cacad dan kusta.

2. Panti Asuhan Sesamamu di Waepeca, Ruteng

Tgl 21 Juli 2016 kami mengunjungi Panti Asuhan Sesamamu di Waepeca, Ruteng. Mereka membantu dan mendampingi anak-anak Panti yang normal. Mulai dari anak-anak hingga saat ini mereka mendampingi anak-anak yang sedang kuliah.

3. Panti Asuhan Kasih (Yayasan Hanura), Ruteng

Tgl 21 Juli 2016, Panti Asuhan Kasih mendampingi anak-anak normal mulai dari bayi hingga saat ini ada yang sedang kuliah 5 orang. Panti Asuhan ini di kelola oleh Ibu Meri Baso. Anak-anak datang dari Bajawa, Maumere dan Manggarai.

4. Panti Renceng Mose yang ditangani Bruder Karitas (FC)

Panti Renceng Mose yang dikelola Bruder Karitas (FC) mendampingi saudara/i yang mengalami gangguan jiwa. Diresmikan 2014 dan saat ini ada 29 orang yang sedang ditangani. Kegiatan mereka olahraga, ketrampilan tangan, terapi, dan makan bersama.

5. Panti Asuhan Bakti Luhur Bajawa

Panti Asuhan Bakti Luhur Bajawa letaknya dipinggir jalan raya besar, saat ini mendampingi 26 anak. Mereka mendampingi anak mulai dari kecil hingga selesai pendidikan jenjang atas. Anak-anak yang mereka tangani adalah anak-anak yang broken home, yatim piatu dan social ekonomi yang rendah.

6. Panti Asuhan Bakti Luhur Ende yang dikelola Bruder Alma

Panti Asuhan Bakti Luhur Ende yang dikelola Bruder Alma hanya menampung anak-anak laki-laki. Saat kunjungan kami anak-anak mereka ada 23 orang yang diasuh.

7. Panti Asuhan Naungan Kasih St. Elisabeth Ende

Panti Asuhan Naungan Kasih St. Elisabeth, dikelola oleh para suster CIY. Saat ini ada 58 anak yang didampingi, laki-laki dan perempuan. Anak-anak yang didampingi adalah anak-anak normal, mulai dari 0 bulan s/d 18 tahun. Anak-anak yang didampingi adalah mereka yang yatim piatu, yatim, piatu. Setelah selesai pendidikan SMK, anak-anak diharapkan bekerja dan mandiri. Anak-anak datang dari sekitar Ende, Kelimutu dan Jakarta. Banyak kegiatan yang mereka lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

There’s no content to show here yet.